Peluang Usaha Ternak Yang Menjanjikan Serta Menguntungkan

bisnisto.com – Bisnis Ternak bisa dilakukan dimana saja, entah di desa ataupun di kota, Peluang Usaha Ternak yang bagus bisa di kondisikan dengan lingkungan sekitarmu, jika lingkungan rusuh, kotor mending jangan di jadiin tempat ternak karna akan berdampak pada hewan ternaknya. Terkadang orang memiliki beragam cara untuk bisnis ternaknya, memiliki strategi yang tepat agar lebih bagus dari segi produksi ataupun keuntungan.

Memulai bisnis beternak tidak terlalu sulit jika kita mau belajar mendalami terlebih dahulu sebelum memulai, tentang cara beternak yang baik dan benar. Kadang orang ingin usaha beternak karna mengikuti langkah tetangganya tanpa tau menau tata cara ternak yang benar, hanya tergiur dengan keuntungan ternak yang sangat bagus, tanpa ia sadari ternyata malah terjerumus ke dalam lubang kegagalan. Lalu jika menjalani usaha ini jangan sampai terburu-buru ingin mendapatkan untung yang cepat, kita bisa manfaatkan uang keuntungan untuk mengembangkan usaha ternak biar semakin berkembang dan maju.

baca juga : Usaha Paling Laris di Kampung

Untuk mulai sebuah bisnis ternak, kita harus belajar mendalami mulai dari pakan ternak yang bagus, tempat yang bersih, dan cuara yang tepat agar terhindar dari penyakit hewan ternak. Mungkin kita harus tau kadang hewan memiliki tubuh yang kadang tidak cocok dengan keadaan di daerahmu, dan itu memicu penyakit pada hewan ternakmu. Resiko yang di alami akan berdampak sangat besar yaitu kematian, maka dari itu kamu harus kondisikan dlu tempat sebelum mengambil keputusan.

 

#1. Peluang Usaha Ternak Kambing Prospek Cerah

Peluang Usaha Ternak , Gambar Kambing

Gambar Kambing

Kambing adalah hewan yang sangat banyak di minati,seperti yang kita tau, daging kambing banyak di gunakan di acara qurban, aqiqahan, dan bahkan di buat sate untuk makan sehari-hari. Peluang Usaha ternak kambing menjadi prospek yang cerah, kalian tidak hanya memanfaatkan kambing saja, tetapi juga bisa memanfaatkan susunya yang sedap. Susu kambing memiliki beragam manfaat, silahkan disimak

Manfaat Dari Susu Kambing

– Memiliki nutrisi yang baik dan sehat

– Mampu menyembuhkan penyakit asma ataupun TBC

– Memperbaiki sistem pencernaan

– Mengandung asam lemat esensial  yang lembut

– Mengandung kalsium

– Membersihkan Usus Besar

Bagaimana banyak kan manfaat dari pada susu kambing. Maka dari itu kambing memiliki banyak sekali manfaat yang di hasilkannya, tidak di pungkiri lagi kalau banyak orang yang memilih usaha beternak kambing untuk menjadikan sebuah usaha yang memiliki potensi untung besar dan masa depan cerah. Pakan untuk kambing tidak sulit kok, kalian bisa memanfaatkan rumput di sekitar rumahmu, ataupun kangkung dll, tapi jangan sekali-kali kalian memberi makan pizza atau burger, karna dapat mengakibatkan dompet anda tipis. Kalau mau beternak kambing, kalian harus sabar dan tabah , karna proses perkawinan, dan melahirkan cukup lama , Mungkin antara 8- 12 bulan karna proses perkawinan harus di atur, tidak sembarangan. So kalian bisa mempelajari dlu sebelum memulainya ya, dan tetep semangat menjalani ternaknya.

 

#2. Peluang Usaha Ternak Lele Yang Cepat Panen

Lele adalah makanan rata-rata di cari pada malam hari, bergandengan dengan ayam goreng,bebek goreng dan tempe penyet . Jadi tidak usah berpikir panjang lagi untuk membuka usaha budidaya ikan karna tidak sulit untuk memasarkannya dan tidak terlalu lama untuk memanen ikan lele. Cara beternak ikan lele juga tidak terlalu sulit, kamu bisa mencoba membaca salah satu artikel cara budidaya ikan lele yang sangat menguntungkan dan beberapa tips di dalam artikel tersebut. Sebelum ternak kalian harus mengenali jenis-jenis Ikan lele yang populer di indonesia.

baca juga : Jenis Usaha Kecil yang Menjanjikan

1. Lele Dumbo

Peluang Usaha Ternak, Gambar Ikan Lele Dumbo

Gambar Ikan Lele Dumbo

Lele dumbo menjadi penikmat tersendiri untuk seseorang yang membudidayakannya, karna dari ukuran yang besar, Pertumbuhannya pun sangat cepat, jadi anda tidak perlu nunggu lama untuk memanennya. Dari segi ketahanan tubuh, lele dumbo ini memiliki ketahan tubuh yang cukup kuat dalam berbagai penyerangan penyakit.

2. Lele Phyton

Peluang Usaha Ternak, Gambar Ikan Lele Phyton

Gambar Ikan Lele Phyton

Jika desa atau tempat kalian memiliki cuaca dingin, maka jangan memilih Ikan Lele Phyton untuk dibudidayakan karna lele phyton tidak cocok sama cuaca yang dingin dan dapat mengakibatkan kematian, so ambil tindakan dan memilik bibitan ikan lele yang bagus sebelum memulai budidaya ikan lele.

baca juga : Usaha Yang Menguntungkan

3. Lele Sangkuriang

Peluang Usaha Ternak, Gambar Ikan Lele Sangkuriang

Gambar Ikan Lele Sangkuriang

Ikan Lele Sangkurian memiliki keunggulan dibandingkan lele dumbo, dari segi telur yang lebih banyak. Budidaya ikan lele sangkuriang lah yang tepat jika kalian ingin menjual kembali bibit ikan lelenya karna memiliki telur yang cukup banyak.

 

Ikan lele menjadi dambaan untuk setiap orang diet yang menikmatinya, karna memiliki ikan lele memiliki kalori yang sedikit, serta menurunkan tekanan darah tinggi, bagus buat kalian yang memiliki darah tinggi. Tetapi kalian jangan sampai komsumsi ikan lele dalam skala berlebihan, karna berisiko kena serangan jantung. Semua makanan akan memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, dan tidak baik juga mengkonsumsi secara berlebihan, karna ada dampak yang akan di timbulkan.

 

Budidaya ikan lele dapat kalian lakukan di kolam terpal, dan dengan modal sedikit, tidak perlu tempat yang besar dan bagus, hanya saja dalam kolam tersebut bersih dari apapun, biar bibit ikan lele yang dihasilkan menjadi sehat dan bagus. Lalu bagaimana Cara membuat kolam terpalnya ? hmm membuat kolam terpal tidaknya sulit, kamu bisa memanfaatkan jeruji besi bekas dan silahkan buat dalam bentuk tabung bulat ataupun kotak, dan selanjutnya masukin terpalnya, selesai. Atau kalian bisa cek di google ataupun di youtube untuk lebih spesifikasinya, saya tidka jelaskan karna akan panjang lebar. Kalian bisa menjadikan pelet untuk pakan ikan lelenya ataupun bisa memanfaatkan sayuran bekas yang sudah tidak dimana.

 

#3. Peluang Usaha Ternak Ayam Dan Mengenali Jenis ayam

Daging ayam ialah makanan yang harus ada di meja makan, daging ayam memiliki protein yang tinggi jadi cocok untuk membangkitkan staminamu kembali . Dalam hal budidaya ternak ayam, pasti tidak diragukan lagi potensi keuntungannya, dan menjadikan peluang bisnis yang tidak ada matinya. Sebelum memulai berbisnis usaha ternak ayam, sebaiknya kenali dulu jenis ayam petelur di bawah ini.

Peluang Usaha Ternak, Gambar Ayam Petelur

Gambar Ayam Petelur

1. Ayam Petelur

Ayam yg satu ini memiliki banyak peminat, karena ternak ayam petelur sangat mudah merawatnya. Seperti namanya, ayam petelur yang di manfaatkan ialah telur, dan harga telur pun juga lumayan mahal, tidak heran jika beternak  ayam petelur jadi favorit para pembudidaya. Untuk kandang ayam petelur kalian bisa gunakan jenis kandang baterai yang secara umum digunakan oleh para pengusaha  ayam petelur, tapi jika kalian ingin tempat yang sederhana dan modal sedikit, kamu bisa design dengan keinginan sendiri. Lalu bagaimana dengan pakan ayam petelur dan bibit ayam petelur ? Kalian bisa memberi makan ayam petelur dengan dedek padi, dedek jagung ataupun kedelai, kalian bisa menambahkan probiotik di campurannya. Dan untuk pemilihan Bibit ayam petelur yang bagus adalah kondisinya tidak cacat fisik atapun kesehatannya, jelas berasal dari mana bibit tersebut dan keunggulannya, mempunyai nafsu makan yang bagus, dan jangan lupa cek ukuran dan berat normalnya yaitu sekitar 35-40 gram. Harga bibit ayam petelur berkisaran 5.000-7.000/ekor dan disetiap wilayah harga pasti berbeda. Kalian bisa beternak ayam petelur dirumahan, bisa buat di samping rumah.  Banyak yang bertanya bagaimana cara beternak ayam petelur , dan keunggulannya, mungkin saya akan buat artikel di lain waktu ya, karna penjelasannya pasti panjang.

baca juga : Usaha Sampingan Tanpa Modal

2. Ayam Potong Atau Ayam Broiler

Peluang Usaha Ternak, Gambar Ayam Broiler Atau Ayam Potong

Gambar Ayam Broiler Atau Ayam Potong

Ayam potong biasanya di sebut dengan Ayam broiler atau ayam pedaging, yang dimanfaatkan ialah dagingnya. Dalam pertumbuhannya pun secara signifikan sangat cepat dan bisa kalian pasarkan dalam waktu kurang lebih 4-5 minggu saja, sangat cepat sekali jika di bandingkan dengan lainnya,maka dari itu ternak ayam broiler sangat digandrungi para budidaya. Menurut Wikipedia Ayam broiler adalah jenis ras unggulan hasil persilangan dari bangsa ayam yang memiliki daya produktivitas tinggi. Cara budidaya ayam broiler sama dengan ayam pedaging lainnya merawatnya pun mudah, dan untuk harga ayam broiler atau harga ayam potong berkisaran Rp 17.500 – Rp 19.000/Kg. Budidaya Ternak usaha ayam potong sangat diminati banyak orang, dari segi keuntungan yang bagus,dan cara memelihara ayam potong  jugaterbilang mudah.

baca juga : Cara Cepat Dapat Uang

3. Ayam Bangkok

Peluang Usaha Ternak, Gambar Ayam Bangkok

Gambar Ayam Bangkok

Bagi kalangan yang belum terbiasa dengan budidaya ayam, pasti mereka menganggap beternak ayam bangkok tidak terlalu menguntungkan, berbeda dengan ayam jenis ayam petelur ataupun jenis ayam broiler yang keuntungannya sangat jelas. Seperti namanya bibit ayam bangkok berasal dari bangkok yang berarti bukan asline indonesia atau ayam bangkok import, dan ayam yg satu ini rata-rata dibuat untuk bertarung jarang orang mengkonsumsinya. Jika kalian pecinta ayam bangkok, cobalah untuk ternak ayam bangkok yang profesional dan merawat ayamnya dengan baik maka akan menjadikan keuntungan yang sangat besar, karna jika berhasi,l maka para pecinta ayam tidak sungkan untuk membeli harga ayam bangko dengan harga sangat tinggi. Seperti contoh ayam bangkok birma , harga anak ayam baru menetas saja berkisaran Rp 20.000/ekor dan jika sudah besar berkisaran Rp 400.000 – Rp 500.000/ekor. Orang berbondong-bondong membeli ayam yang bagus untuk menjadi juara di dalam pertandingannya, tidak peduli berapa uang yang telah di keluarkan untuk sebatas membeli ayam tersebut.

baca juga : Jenis Usaha Kecil Yang Menguntungkan

Itulah beberapa jenis dasar ayam yang harus kamu ketahui dulu sebelum bududaya ayam, karna jika kamu salah kaprah maka akan menyebabkan kerugian, maka untuk antisipasi pilih yang tepat dan yang cocok dengan mu dan kondisi tempatmu.

 

Peluang Usaha Ternak banyak sekali jenisnya, dan 3jenis usaha ternak di atas adalah yang paling berpotensi bagus dan cocok untuk jangka panjang karna tidak akan ada matinya. Berbeda dengan ternak musiman yang hanya bisa di panen pada musim tertentu ataupun hanya dalam waktu tertentu, tidak ada pastinya.

artikel terkait : Cara Memulai Usaha Kecil

Dalam hal memilih peluang usaha kamu harus beradaptasi dulu dengan lingkungan, awal sekitar jika kondisinya bagus langsung saja dicoba, dan turuti hati nuranimu mana yang akan kamu jalankan, jangan hanya ngikutin orang ataupun hanya omongan dari temen/tetanggan. Demikian tentang ulasan Peluang Usaha Ternak yang menjanjikan yang harus kamu coba.

Leave a Reply